Cara Mudah Melancarkan Haid yang Tidak Teratur


Cara Melancarkan Haid - Istilah datang bulan untuk setiap wanita itu sudah hal yang biasa,namun ada sebagian banyak wanita yang  mengalami tidak lancar nya siklus haid,hal ini akan membuat wanita resah dan timbulnya kekhawatiran terutama untuk wanita yang belum menikah.

Seringkali seseorang mengalami siklus haid tidak teratur, kemungkinan hormon yang di produksi tubuh anda berkurang atau bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.Jika ketidakaturan siklus haid ini serius dan terus menerus bisa mempengaruhi pada kesuburan wanita dan kemungkinan ini pertanda anda mengalami kemandulan.

Masalah tidak teratur siklus haid ini kerap menjadi perbincangan setiap wanita, namun jangan khawatir hal ini dapat diatasi banyak cara untuk melancarkan siklus haid. 

Berikut Cara Aman  Melancarkan Haid Dengan Mudah.

1.Olahraga jalan kaki atau jogging

Olahraga yang ringan ini membantu sekali untuk melancarkan haid,akan tetapi tidak untuk olahraga yang berat karena dapat menyebabkan sulitnya menstruasi karena tubuh terlalu lelah.

2.Cukup istirahat

Istirhat merupakan faktor utama yang di perlukan tubuh agar dapat menyeimbangkan dan menghindari terjadinya masalah,sebaiknya sempatkan beberapa waktu untu berlibur agar mengurangi stres karena stres menjadi salah satu faktor utama tidak lancarnya siklus haid.

3.Makanan yang sehat dan bergizi

Makanan yang sehat dan mempunyai nilai gizi yang tinggi sangat membantu untuk melancarkan haid seperti sayuran hijau,kacang-kacangan,dan daging merah.Makanan ini kaya akan vitamin B,zat besi,lemak baik juga omega 3 yang baik untuk melancarkan haid.Asupan zat besi saat haid sangat penting sekali pada saat anda sedang menstruasi.

4. Pakaian yang nyaman

Pakailah pakaian yang nyaman,saat memakai bra atau celana dalam pakailah yang longgar jangan terlalu ketat dan berbahan menyerap keringat. pemakaian bra yang nyaman akan mengurangi rasa sakit saat haid.

Siklus haid yang tidak teratur tentu membuat kaum wanita merasa resah dan kesal.Sebelum anda mencari cara untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur sebaiknya anda pahami dulu apa penyebab siklus haid menjadi tidak teratur.  

Ada beberapa faktor penyebab siklus haid tidak lancar :

1.Periode Perimenopause

 Perimenopause adalah masa di mana tubuh mulai bertransisi menuju menopouse.masa ini terjadi dua sampai delapan tahun,umumnya hal ini akan mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tak teratur bisa tiba-tiba memanjang atau memendek.perimenopouse terjadi pada usia 40-an  akan tetapi banyak juga yang mengalami perubahan ini di usia pertengahan 30.

2.Pola hidup sehari-hari

Untuk anda yang sering olahraga berlebihan dan berat badan turun drastis hal ini akan mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur begitu pula berat badan yang terlalu berat atau obesitas.Selain berat bdan dan olahraga stres juga akan mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur.

3.Kontrasepsi hormonal

Sebagian wanita  banyak yang menggunakan alat kontrasepsi,alat kontrasepsi ini mengakibatkan siklus haid tidak teratur penggunaan pil KB, suntik KB, maupun Kontrasepsi hormonal yang lain juga dapat menyebabkan perdarahan hanya sedikit atau bahkan mengakibatkan perdarahan berat.

4. Jamur atau Penyakit

Beberapa jenis penyakit bisa menjadi penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur, salah satunya  kelainan pada rahim, kista, maupun diabetes. Penyakit tersebut akan semakin memperburuk kondisi tubuh apabila tidak diatasi sesegera mungkin.

5. Gangguan Pada Organ Reproduksi

Gangguan pada organ reproduksi seringkali terjadi  mulai dari sering mengalami keputihan. keputihan yang tidak normal di sebabkan karena infeksi jamur,bakteri dan farasit.Bila penyakit keputihan ini tidak diobati secara tuntas, maka infeksi dapat merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga Panggul.Adanya kelainan pada organ reproduksi juga bisa memberikan keluhan perdarahan di luar haid.

6.Kehamilan

Kehamilan bisa menjadi salah satu telatnya datang bulan,hal ini sudah biasa terjadi pada wanita.Untuk lebih jelas nya anda bisa memastikan hal ini dengan konsultasi ke dokter atau menggunakan testpack.


7. Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar rahim yang memproduksi hormon yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh.Jika tiroid bermasalah atau mengalami gangguan akan mempengaruhi pada siklus haid anda.

Umumnya siklus menstruasi tidak teratur tidak memerlukan pengobatan medis hanya saja anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh anda dari mulai pola hidup yang sehat, makanan yang teratur, dan kebersihan.Apabila anda terlalu khawatir dengan tidak teraturnya siklus haid anda bisa konsultasikan pada dokter.


Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Melancarkan Haid yang Tidak Teratur"

Posting Komentar