15 Manfaat Minyak Zaitun yang Harus Anda Ketahui

Manfaat minyak zaitun memang sudah tidak di ragukan lagi minyak yang sering juga di sebut olive oil ini merupakan minyak yang sehat karena memiliki banyak kandungan di dalamnya antara lain vitamin A, C, D, E, K,lemak tak jenuh,asam miristat,asam arakhidonat,asam palmitat,asam stereat dan lignoserat. Tak hanya itu saja,minyak zaitun pun mengandung polifenol,asam oleat,pottasium,asam lemak esensial,zat besi,dan juga kalsium.Kandungan fenol yang terdapat pada minyak zaitun mengandung flavonoid yang mempunyai peranan aktif sebagai antioksidan yang sangat baik serta dapat membantu dalam menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat dalam tubuh.


Minyak zaitun memang sudah cukup terkenal manfaatnya dari dahulu kala,banyak orang yang menggunakan nya dari mulai bahan untuk kosmetik,perawatan rambut,kecantikan dan untuk kesehatan.Ada beberapa jenis minyak zaitun dan terbagi dalam 3 kelompok  yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannyadi antaranya minyak zaitun extra virgin,minyak zaitun virgin,minyak zaitun fino, minyak zaitun pure,dan terakhir minyak zaitun light.Minyak zaitun extra virgin dan virgin ini merupakan jenis yang paling baik karena hanya melewati satu proses perasan saja dan memiliki keasaman sedikit lebih tinggi,warnanyapun masih asli sedangkan untuk jenis light sudah melewati proses saring yang hasil akhirnya akan mempengaruhi warna dari minyak zaitunnya.

Berikut Manfaat Minyak Aaitun yang Harus Anda Ketahui.

1.Mencegah Terjadinya Gejala Kanker.
Kandungan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun  terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula yang ada pada tubuh,sehingga dapat mencegah dan mengurangi terjadinya kanker.

2. Menyehatkan Usus
Senyawa Oleuropein aglycone yang terkandung dalam minyak zaitun mempunyai peran penting untuk kesehatan usus karena senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usus juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus akibat gejala iskemia atau kurangnya aliran darah dalam sel.

3.Mencegah Diabetes.
Minyak zaitun bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes melitus. 

4.Memelihara Kesehatan Jantung
 Kandungan lemak tidak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun dapat bermanfaat sekali untuk kesehatan jantung juga dapat mengontrol kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita dan bisa membantu meningkatkan kolesterol baik

5.Mengurangi Terjadinya Penyakit Maag
Gizi yang terkandung dalam minyak zaitun ternyata mampu melindungi tubuh dari resiko terkena kanker lambung dan mengurangi timbulnya sakit maag.

6.Perawatan Payudara.   

Minyak zaitun bisa di gunakan untuk merawat payudara,caranya dengan teknik pijat,cara ini adalah cara yang baik untuk mengencangkan dan membesarkan payudara.Selain itu minyak zaitun bermanfaat sekali untuk menghaluskan kulit payudara.

7.Mengencangkan Kulit dan Mencegah Keriput
Didalam minyak zaitun terdapat kandungan zat linoleic acid yang dapat membantu proses regenrasi sel dengan lebih cepat serta memberi efek kelembutan dan kekenyalan pada kulit wajah.Cara penggunaan minyak zaitun cukup dioleskan pada wajah sebelum anda tidur. Dengan satu catatan,mencuci wajah terlebih dahulu hingga bersih, agar minyak zaitun dapat meresap secara sempurna kedalam pori-pori kulit.

8.Perawatan Rambut
Bagi anda yang memiliki masalah rambut misalnya rambut rusak,kering rontok anda bisa coba khasiat minyak zaitun.Caranya cukup mudah oleskan minyak zaitun pada rambut secara merata kemudian tutup dengan handuk hangat diamkan 10-20 menit lalu bilas dengan shampo hingga bersih.Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun juga bisa berguna dalam membantu mengatur keseimbangan kelembapan pada kulit kepala.

9.Menghilangkan stretch mark
Wanita cenderung terkena masalah stretch mark dibandingkan laki-laki. Adanya strech mark memang membuat kita menjadi tidak percaya diri namun bagaimana lagi hal ini tidak bisa di hindari , strech mark memang sulit untuk di hilangkan.Minyak zaitun yang kaya vitamin E sangat cocok untuk diterapkan pada bagian tubuh yang muncul stretch mark,gunakan minyak zaitun hangat untuk memijat daerah yang ber-stretch mark.Biarkan selama satu jam agar kulit menyerap vitamin dengan sempurna. Lakukan secara teratur setiap  2-3 kali sehari.Perbedaan akan terlihat dalam waktu seminggu.

10.Mengatasi kulit berjerawat.
Minyak zaitun adalah sebagai cara alami untuk mengatasi jerawat,caranya panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

11.Mengatasi Kulit Berminyak
Minyak yang berlebihan  tentu membuat wajah menjadi kusam dan kotor,maka dari itu gunakanlah masker minyak zaitun yang sudah di campur dengan bubuk cendana diamkan masker 15menit kemudian basuh wajah dengan air hingga bersih.

12.Melembabkan bibir
Manfaat minyak zaitun lainnya bisa membuat bibir anda menjadi lembab. Caranya campurkan minyak zaitun dengan beeswax. Besswax adalah sebuah lilin alami yang berasal dari sarang lebah. Nah campurkan kedua bahan tersebut yang bisa menghindarkan bibir dehidrasi.

13.Menebalkan rambut
Caranya kocok  2 butir telur dengan satu cangkir minyak zaitun selama 2 menit sampai lembut,oleskan pada kulit kepala sambil di pijat-pijat diamkan selama 10menitlalu bilas dengan air bersih.Pemijatan yang di lakukan dapat merangsang perumbuhan rambut sehingga rambut akan menjadi tebal.

14.Memanjangkan rambut
 Caranya haluskan biji lemon dan lada kemudian campurkan 2 sendok makan minyak zaitun lalu oleskan campuran tadi pada kulit kepala diamkan 20 menit lalu bersihkan dengan shampo.

15.Menghilangkan flek pada wajah
Caranya ialah dengan mengoleskan minyak zaitun ke wajah dan lehe tunggu sampai 5 menit lalu uapkan. Hal ini bisa membuka pori-pori kulit juga membersihkan kulit dengan alami yang tentunya tidak memberikan efek samping pada kulit,selain itu dapat menyamarkan flek-flek hitam pada kulit.

Inilah 15 Manfaat Minyak Zaitun Masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa anda gunakan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan,bagi anda yang belum mencoba manfaat dari minyak zaitun mulailah dari sekrang untuk menggunakan nya.
Belum ada tanggapan untuk "15 Manfaat Minyak Zaitun yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar