Obat Asam Urat Alami Yang Dapat Anda Buat Di Rumah

Berhati-hatilah jika anda mempunyai penyakit asam urat, karena dapat menimbulkan komplikasi serius. Saat ini tidak sedikit orang yang beralih memilih pengobatan secara alami.

Obat Asam Urat Alami Yang Dapat Anda Buat Di Rumah


Penyakit asam urat atau gout merupakan gangguan sendi yang sangat umum terjadi di masyarakat saat ini. Gout terjadi akibat kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Di mana, asam urat ini diproduksi dari sisa metabolisme zat purin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kadar asam urat tinggi, diantaranya makanan dan minuman dapat menjadi salah satu pemicu produksi asam urat berlebihan. Sehingga anda sangat perlu untuk mengontrol makanan yang mempunyai kadar zat putin berlebih, agar penyakit asam urat tidak semakin kronis.



Berikut 7 pantangan makanan bagi penderita asam urat, diantaranya :

1.Jeroan seperti ati, limpa, babat, usus, paru, lidah, otak, ginjal, dan jantung
2.Makanan laut tinggi purin seperti kerang, remis, ikan sarden, ikan tuna, ikan haring (herring), ikan teri, dan ikan sikang (trout)
3.Minuman beralkohol seperti bir, wine, arak, sake, soju, dan wiski
4.Daging merah seperti sapi, kambing, domba, dan babi
5.Daging putih atau unggas seperti kalkun, entok (angsa), burung puyuh, dan kelinci
6.Sayuran tinggi purin seperti bayam, kembang kol, kacang polong, buncis, dan jamur
7.Minuman manis yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa seperti minuman kemasan, soft drink, sirup, dan jus buah kemasan

Lalu, apakah ada cara mudah untuk turunkan asam urat dengan segera ?

Bagi anda yang memiliki kadar asam urat tinggi, bisa mencoba membuat sendiri obat asam urat alami di rumah.

Daun Sambiloto

Cara membuat ramuannya bisa dengan menggunakan bahan utama daun sambiloto, pertama cucilah 10 gram daun sambiloto kering hingga bersih, dan kemudian rebuslah daun sambiloto bersama 10 gram temulawak kering, 1 gram lada, 5-10 gram dengan 5 gelas air hingga matang, lalu tunggulah hingga airnya menjadi 3 gelas. Minumlah ramuan daun sambiloto tersebut 1 gelas sehari pada saat 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Minumlah secara teratur.


Tanaman kumis kucing

Cara membuat ramuan dari kumis kucing untuk obat asam urat alami adalah dengan mencuci bersih 10 gram daun kumis kucing yang basah atau kering, 10 gram sawi tanah yang kering, 10 gram meniran yang kering, 15 gram jahe merah kering, dan 10 gram kapulaga kering. Lalu rebuslah semua bahan yang telah di sebutkan di atas dengan 1 liter air, tunggulah sampai tersisa setengah. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari pada pagai, siang, dan sore hari dengan porsi 150 ml setiap sekali minum.

Daun sirsak

Cara meracik daun sirsak untuk asam urat cukup mudah. Siapkan 10 sampai 15 lembar daun sirsak. Bersihkan sampai bersih. Anda bisa menggunakan cairan untuk membersihkan sayuran. Masukkan daun ke dalam wadah. Masukan air hingga daun terendam seluruhnya. Perlu anda perhatikan, anda masukan daun sirsaknya ketika airnya masih dingin, jangan ketika airnya sudah mendidih. Rebus sampai tersisa kira-kira 2 gelas. Bila anda tidak langsung meminumnya, biarkan saja air rebusan daun sirsak tetap di wadah, tak perlu buang daunnya. Minum rebusan air daun sirsak 2 kali sehari, di anjurkan pagi dan sore.

Daun salam

Untuk mendapatkan khasiat daun salam ini sangatlah gampang. Sediakan 10 lembar dau salam lalu di rebus dengan air 700 cc sampai sisa 200 cc. Minumlah selagi hangat.

Selain dengan tanaman diatas, sebaiknya diimbangi dengan melakukan olahraga yang teratur, perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup.

Belum ada tanggapan untuk "Obat Asam Urat Alami Yang Dapat Anda Buat Di Rumah"

Posting Komentar